Rabu, 05 Januari 2011

Gempa Bumi

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah namun di balik kekayaan alam yang melimpah tersebut Indonesia juga kaya akan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus dan yang paling sering terjadi yaitu gempa bumi. Seringnya terjadi gempa bumi di Indonesia ini di sebabkan oleh terdapatnya 3 lempeng bumi yang besar dan lempengan tersebut mengapit Indonesia, lempengan tersebut yaitu lempeng Eurasia, lempeng samudra pasifik, dan lempeng indo-australia. Hal-hal tersebutlah yang membuat Indonesia rawan akan gempa

Disamping hal tersebut Indonesia juga dikeliilingi oleh siklus pegunungan yang aktif, sehingga selain rawan akan gempa bumi Indonesia juga rawan akan gunung meletus, akan tetapi siklus pegunungan aktif di indonesia masih tidak terlalu sering menunjukan aktivitasnya, berbanding terbalik dengan 3 lempeng yang terdapat di perairan Indonesia, lempeng-lempeng yang bergerak tersebut  sangat berpotensi menyebabkan gempa bumi dan juga disertai tsunami. Di Indonesia sendiri pernah terjadi bencana tsunami yang besar yaitu di daerah Nangroe Aceh Darussalam dimana tinggi gelombang yang menerjang daerah itu sekitar 10m dan tsunami tersebut juga memakan korban ± 120.000.

Sekarang ini yang lebih menjadi ancaman adalah bencana gempa bumi, karena pada akhir-akhir ini Indonesia sering dilanda gempa bumi di beberapa daerah seperti di daerah jawa, Sumatra, Sulawesi dan bahkan wilayah irian jaya juga terkena gempa. Namun yang paling menyita mata adalah gempa di tasikmalaya dan gempa di padang pariaman. Dari kejadian gemba di beberapa daerah tersebut sudah dapat kita gambarkan bahwa wilayah Indonesia saat ini rawan akan bencanta terutama di wilayah jawa, Sumatra, Sulawesi dan irian jaya. Lalu daerah mana yang aman dari bencana gempa bumi tersebut? Menurut para ahli geologi daerah yang resiko ancaman terhadap gempa buminya rendah yaitu daerah Kalimantan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar